TP Modul 2




1. Kondisi[kembali]
 Bila ditekan angka 2 pada keypad maka akan muncul sevensegment counter down 9-0

2. Gambar Rangkaian Simulasi[kembali]




3. Flowchart[kembali]



4. List Program[kembali]
 #include <Keypad.h>

char tombol[4][3] =
{
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},     //inisiasi untuk keypad matriks 4x3
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};

byte pinBaris[] = {17, 18, 19, 20};   //inisiasi pin keypad di arduino
byte pinKolom[] = {14, 15, 16};        //inisiasi pin keypad di arduino

Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),
                       pinBaris, pinKolom, 4, 3); //inisiasi keypad dari library

void setup() {
  pinMode(7, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> a
  pinMode(8, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> b
  pinMode(9, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> c
  pinMode(10, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> d
  pinMode(11, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> e
  pinMode(12, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> f
  pinMode(13, OUTPUT); //inisiasi pin 10 sebagai OUTPUT di arduino ==> g
 

}

void loop() {
  char kode = keypad.getKey(); //membaca keypad
  if (kode == NO_KEY)           //jika tombol tidak di tekan
    return;
  if (kode == '0')             //kondisi awal jika tombol 0 ditekan
  { digitalWrite(7, HIGH);     //pin 2 menuju a bernilai 1
    digitalWrite(8, HIGH);     //pin 3 menuju b bernilai 1
    digitalWrite(9, HIGH);     //pin 4 menuju c bernilai 1
    digitalWrite(10, HIGH);     //pin 5 menuju d bernilai 1
    digitalWrite(11, HIGH);     //pin 6 menuju e bernilai 1
    digitalWrite(12, HIGH);     //pin 7 menuju f bernilai 1
    digitalWrite(13, LOW);      //pin 8 menuju g bernilai 0
  }
 
  else if(kode == '2')                   //kondisi awal jika tombol 2 ditekan
  { digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);
   
    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,LOW);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,LOW);
    digitalWrite(13,LOW);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,LOW);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,LOW);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);
   
    digitalWrite(7,LOW);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,LOW);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,HIGH);
     delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,LOW);
    digitalWrite(13,HIGH);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,LOW);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,LOW);
    digitalWrite(13,HIGH);
     delay(1000);

    digitalWrite(7,LOW);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,LOW);
    digitalWrite(11,LOW);
    digitalWrite(12,LOW);
    digitalWrite(13,LOW);
    delay(1000);

    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(8,HIGH);
    digitalWrite(9,HIGH);
    digitalWrite(10,HIGH);
    digitalWrite(11,HIGH);
    digitalWrite(12,HIGH);
    digitalWrite(13,LOW);
    delay(1000);

}
}


5. Video Simulasi
[kembali]


6. Prinsip Kerja Rangkaian[kembali]
Prinsip kerja rangkaian diatas adalah kontrol dari arduino untuk memproses data input dari keypad lalu diolah dan outputnya ditampilkan pada seven segment. Ketika angka 2 pada keypad ditekan maka data akan masuk pada arduino, pada program arduino angka 2 dikenali sebagai counter down angka dari 9 sampai angka 0, lalu arduino mengeksekusi program tersebut dengan menampilkannya pada seven segment

7. Link Download[kembali]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar